Wulandari (2018) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 1 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172050 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8156172050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. NIM. 8156172050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
4. NIM. 8156172050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 8156172050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 8156172050 TABLES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM. 8156172050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8156172050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156172050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM. 8156172050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis, 2) jenis-jenis kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematis, 3) proses jawaban metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis pada pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai. Subjek yang dikenai wawancara mendalam terdiri dari lima kategori: yaitu satu orang siswa dengan kemampuan tinggi, satu orang siswa dengan kemampuan sedang, satu orang siswa dengan kemampuan rendah, satu orang siswa dengan jawaban paling banyak salah, dan satu orang siswa dengan jawaban unik. Data diperoleh dari tes yang diberikan dalam bentuk essay dan wawancara yang mendalam. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis pada pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi berada pada tingkat metakognisi Strategic Use, siswa dengan kemampuan sedang berada pada tingkat metakognisi Aware Use, dan siswa dengan kemampuan rendah berada pada tingkat metakognisi Tacit Use. 2) jenis-jenis kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Wul a |
Keywords: | Analisis, Kemampuan Metakognisi, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 08:16 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30724 |