FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJURUSAN SISWA MELALUI ANALISIS DISKRIMINAN

Khairani, Nerli and Siregar, Lia Anggraini (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJURUSAN SISWA MELALUI ANALISIS DISKRIMINAN. Jurnal Generasi Kampus, 08 (02). pp. 97-105. ISSN ISSN 1978-869X

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Analisis diskriminan adalah metode statistika yang digunakan untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan sejumlah objek ke dalam beberapa kelompok, berdasarkan beberapa variabel terikat. Sebelum dilakukan analisis diskriminan, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi yaitu asumsi normal multivariat dan pengujian kesamaan matrik kovarian menggunakan uji Box’s M. Selanjutnya pengujian vektor nilai rataan, pemilihan variabel yang akan dimasukkan kedalam fungsi diskriminan dan pembentukan fungsi diskriminan serta menghitung persentase ketepatan klasifikasi. Penerapan analisis diskriminan dalam penentuan jurusan di MAN 2 Model Medan pada 84 sampel data siswa yang diuji dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hanya terdapat tiga variabel bebas yang mendominasi dalam pembentukan fungsi diskriminan yaitu variabel nilai kimia, nilai sejarah dan nilai psikotes karena memiliki nilai F terbesar, nilai Wilk’s Lambda terkecil, dan memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% serta analisi skriminan memiliki ketep n klasifikasi sebesar 76,19 % yang m gartikan bahwa fung diskiminan yang terbent yaitu D = −33,9817479479861 + ,13886647804156 X 0,140848764864999 X
0,0997682988667268 X mempunyai tingkat v asi yang tinggi.

Item Type: Article
Keywords: Analisis diskriminan; Penjurusan siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jul 2018 09:52
Last Modified: 16 Jul 2018 09:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item
View Item