PENGARUH PENERAPAN MODEL MENGAJAR LATIHAN INKUIRI (DARI FAKTA KE TEORI) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH KONSTRUKSI BAJA I : SUATU EKSPERIMEN DI FPTK IKIP MEDAN

Sitanggang, Nathanael (1998) PENGARUH PENERAPAN MODEL MENGAJAR LATIHAN INKUIRI (DARI FAKTA KE TEORI) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH KONSTRUKSI BAJA I : SUATU EKSPERIMEN DI FPTK IKIP MEDAN. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (2). pp. 30-36. ISSN 0854-7467

[thumbnail of Jurnal PTK IKIP 1998.pdf]
Preview
Text
Jurnal PTK IKIP 1998.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keefektifan pembelajaran Kontruksi Baja dengan penerapan model mengajar Latihan Inkuiri (dari fakta ke teori) dibandingkan dengan penerapan model PPSL Sampel adalah mahaiswa FPTK IKIP Medan tahun 1998, sebanyak 24 orang. Sampel itu dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen 12 orang dan kelompok kontrol 12 orang. Rancangan penelitian menggunakan simple randomized design. Penelitian berlangsung selama 8 kali pertemuan, data yang diperoleh dari basil pengukuran diolah secara statistik dengan uji - t dengan taraf signifikan 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan model latihan inkuiri (dari fakta ke teori )
dimana (X= 19,58 dan Sx = 3,25) lebih tinggi dari penerapan model PPSL( X= 15,33 dun Sx =
2,59)

Item Type: Article
Keywords: Model latihan inkuiri; Model PPSI, Konstruksi Baja I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:23
Last Modified: 04 Jul 2018 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30704

Actions (login required)

View Item
View Item