Halimatussadiah (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SEI SUKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172013 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8156172013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM 8156172013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM 8156172013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 8156172013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM 8156172013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. NIM 8156172013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
11. NIM 8156172013 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) produk pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif, 2)
peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) peningkatan kemandirian
belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah
yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah
rencana pelaksanaan pembelajaran, buku petunjuk guru, buku siswa, lembar
aktivitas siswa, tes kemampuan metakognisi, dan angket kemandirian belajar.
Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model 4-
D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA-3 dan XI-MIPA-4 SMA Negeri 1 Sei
Suka. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran
berbasis masalah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, 2) terdapat
peningkatan kemampuan metakognisi siswa sebesar 0,31 yang diperoleh dari
nilai rata-rata dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah
yang dikembangkan, 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar
3,45 yang diperoleh dari skor rata-rata dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Hal p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Metakognisi,Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 03:42 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30692 |