Daulay, Wiranda Magdalena (2018) KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156192049 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2 NIM. 8156192049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3 NIM. 8156192049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4 NIM. 8156192049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5 NIM. 8156192049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6 NIM. 8156192049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM. 8156192049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM. 8156192049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9 NIM. 8156192049 BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13 NIM. 8156192049 BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14 NIM. 8156192049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana realisasi kesantunan berbahasa
guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn di kelas VIII SMP
Negeri 8 Tebing Tinggi, mengkaji pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa guru
dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn, mengkaji implikasi
kesantunan berbahasa guru bahasa Indonesia dan PKn dalam pembelajaran
terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah: (1) metode survey, (2) melakukan wawancara, (3)
mengumpulkan data rekaman, (4) melakukan reduksi data, (5) melakukan
pengklasifikasian data, (6) melakukan pengujian data hasil penelitian, (7)
membandingkan data hasil penelitian, (8) pengecekan data hasil penelitian dan
mengkonsultasikannya dengan pembimbing tesis. Data yang diperoleh dari hasil
pengumpulan dokumen dianalisis dengan teknik analisis dokumen atau analisis
isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) realisasi kesantunan berbahasa
guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn maka bentuk
tuturan verbal dan nonverbal yang terbagi atas bentuk tuturan deklaratif, imperatif
dan bentuk tuturan interogatif. Prinsip kesantunan berbahasa dapat dikategorikan
menjadi enam yaitu: maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim
pemufakatan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian,
(2) pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran
bahasa Indonesia dan PKn akibat terjadinya prinsip-prinsip kesantunan berbahasa
yang tidak mematuhi prinsip kesantunan, dan ketidaksantunan karena penggunaan
bahasa tidak lengkap, dan (3) implikasi kesantunan berbahasa guru bahasa
Indonesia dan PKn dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dapat
meningkatkan pengetahuan, motivasi dengan memuji Tuhan YME dan
menghargai orang lain, motivasi bersikap demokratis, dan motivasi
kesederhanaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.4 Dau k |
Keywords: | kesantunan berbahasa, pembelajaran, motivasi belajar,Skla kesatuan Leech |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 02:26 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30649 |