LESTARI, AYU (2018) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SOAL BUATAN GURU UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2132111002 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM. 2132111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM. 2132111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 2132111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM. 2132111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM. 2132111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 2132111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 2132111002 DAFTAR SINGKATAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 2132111002 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
10. NIM. 2132111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 2132111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. NIM. 2132111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Ayu Lestari. NIM 2132111002. Interferensi Leksikal Bahasa Jawa dalam Penggunaan Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa Kelas VII MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/S1. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan frekuensi interferensi leksikal bahasa Jawa dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina tahun pembelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini di sekolah MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina dengan sumber data siswa kelas VII sebanyak 50 siswa. Data penelitiannya ialah interferensi leksikal bahasa Jawa dalam penggunaan bahasa Indonesia pada karangan siswa kelas VII MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah non-tes karena data yang dihasilkan berupa karangan. Dari pengolahan data diperoleh hasil, terdapatnya 7 bentuk interferensi bahasa Jawa dalam karangan siswa yaitu (1) interferensi kata benda; (2) interferensi kata kerja; (3) interferensi kata sifat; (4) interferensi kata ganti; (5) interferensi kata keterangan; (6) interferensi kata penghubung; dan (7) interferensi kata seru. Frekuensi interferensi masing-masing kata yaitu (1) kata benda frekuensinya sebesar 58,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,36%; (2) kata kerja frekuensinya sebesar 68,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,35%; (3) kata sifat frekuensinya sebesar 50,00% kategori rendah dengan persentase 0,41%; (4) kata ganti frekuensinya sebesar 66,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,17%; (5) kata keterangan frekuensinya sebesar 56,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,22%; (6) kata penghubung frekuensinya sebesar 52,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,44%; dan (7) kata seru frekuensinya 98,00% kategori sangat rendah dengan persentasenya 0,46%. Interferensi terbesar yaitu jenis kata benda dan interferensi terkecil yaitu jenis kata seru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 080 |
Keywords: | Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS); Soal Buatan Guru; Ujian Akhir Semester (UAS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 10:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30647 |