Sihombing, Mikhael (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN MOTOR BAKAR SISWA KELAS X DI SMK NILA HARAPAN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8156121025 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02. NIM. 8156121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
03. NIM. 8156121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
04. NIM. 8156121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
05. NIM. 8156121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
06. NIM. 815621025 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08. NIM. 8156121025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
09. NIM. 8156121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
13. NIM. 8156121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 8156121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak
digunakan (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan
hasil belajar Mesin Konversi Energi. Metode pengembangan dalam penelitian ini
menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang diadaptasi menjadi model yang
sederhana. Penelitian yang dilaksanakan di SMK Nila Harapan Deli Serdang. Sampel yang
terdiri dari kelas eksperiment (36 siswa) yang menggunakan media pembelajaran interaktif
dan kelas kontrol (34 siswa) yang di perlakukan dengan media cetak.Hasil penelitian
menunjukkan (1) validasi ahli materi (87%) engan kategori sangant baik, (2) validasi ahli
desain instruksional (84%) dengan kategori sangat baik, (3) validasi ahli media pembelajaran
(83%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (5) uji coba
kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (87%), (6) uji coba lapangan berada pada
kualifikasi sangat baik (81%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran
interaktif ini dilanjutkan pada uji efektifitas. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media
pembelajaran interaktif dengan hasil antara hasil belajar siswa yang menggunakan media
pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media cetak. Hal itu
ditunjukkan dengan hasil analisis thitung > ttabel 2,18 > 1,99).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.307 12 Sih p |
Keywords: | Komputer; Behaviorisme; Siberrnitik; Pembelajaran; Onformasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 03:56 |
Last Modified: | 08 Jun 2018 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30646 |