ANWAR, WULANDARI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS BUDAYA PERNIKAHAN ADAT MELAYU UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156191039 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 8156191039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 8156191039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8156191039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 8156191039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 8156191039 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8156191039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8156191039 CHART.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8156191039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 8156191039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
14. NIM. 8156191039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, kelayakan serta keefektifan tentang pengembangan bahan ajar teks prosedur berbasis budaya pernikahan adat Melayu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras kabupaten Batubara. Bahan ajar yang dikembangkan berupa modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dirujuk pada model Borg & Gall yang dikemukakan Tegeh, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil dari proses pengembangan bahan ajar teks prosesdur berbasis budaya pernikahan adat Melayu melalui perhitungan angket analisis kebutuhan diperoleh rata-rata 91,67% dari 1 orang guru dan 35 siswa yang menyatakan membutuhkan bahan ajar pada materi teks prosedur dalam proses pembelajaran agar berjalan lebih efektif dan dapat dijadikan sarana
pembelajaran secara individual oleh siswa. (2) hasil yang diperoleh dari kelayakan bahan ajar berbasis budaya pernikahan adat Melayu yang divalidasi ahli materi
meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 82,35% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, dan penilaian bahasa dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, sedangkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli desain dengan rata-rata 81,25% pada kriteria sangat baik, pada hasil angket tanggapan guru diperoleh rata-rata 90% pada kriteria sangat baik, sedangkan pada angket tanggapan siswa meliputi uji coba perorangan dengan rata-rata 78,47% pada kriteria baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 82,02% pada kriteria sangat baik, dan uji lapangan terbatas dengan rata-rata 83,09% pada kriteria sangat baik. (3) Hasil keefektifan belajar siswa dalam memahami teks prosedur sebelum menggunakan modul sebesar 75,65, sedangkan hasil belajar tes memahami teks
prosedur siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 90,8. Selisih yang diperoleh sebesar 10,42 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini
membuktikan bahwa bahan ajar teks prosedur yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis budaya pernikahan adat Melayu. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dimana bahan ajar ini sebagai bahan ajar tambahan untuk
memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, teks prosedur, pernikahan, adat Melayu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 13:59 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30627 |