PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR

SIREGAR, KHAIRUN NISA (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131141059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131141059 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131141059 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131141059 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131141059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131141059 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131141059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131141059 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131141059 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131141059 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131141059 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131141059 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131141059 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131141059 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131141059 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131141059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131141059 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131141059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131141059 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan di indikasikan karena motivasi belajar siswa masih rendah dan kurangnya fasilitas belajar yang disediakan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Tahun Ajaran 2016/2017, (2) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Tahun Ajaran 2016/2017, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar T.A 2016/2017 yang berjumlah 79 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analis data regresi berganda. Melalui analisis linier berganda diperoleh nilai sebesar Y=30,583+0,284X1+0,229X2. Dari hasil analisis hipotesis diperoleh data ada pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar (X1) terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) di Kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar T.A 2016/2017 dengan nilai thitung> ttabel (3,292>1,991) dan ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar (X2) prestasi belajar siswa (Y) di Kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar T.A 2016/2017 dengan nilai thitung> ttabel (3,009 > 1,991). Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tebing Syabandar T.A 2016/2017 dengan nilai Fhitung>Ftabel (16,303> 2,73) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kemudian pada penelitian ini terlihat bahwa nilai koefien determinasi ( R square ) sebesar 0,300 yang artinya adalah sebesar 30% variabel Motivasi Belajar (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) dapat menjelaskan Prestasi Belajar Siswa (Y) dan sisanya sebesar 70% djelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 EKO 012
Keywords: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 12:16
Last Modified: 18 Feb 2019 05:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30616

Actions (login required)

View Item
View Item