SHOLIHATI, LAILA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311030_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1143311030_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 1143311030_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 1143311030_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1143311030_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 1143311030_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1143311030_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311030_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM. 1143311030_BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM. 1143311030_BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM. 1143311030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
12. NIM. 1143311030_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing materi pokok sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 104208 cinta rakyat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan dengan 2 siklus dan tahapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas
V-B SD Negeri 104208 Cinta Rakyat sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 14 lakilaki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket
dan observasi. Berdasarkan analisis data, pada kondisi awal sejumlah 30 siswa diperoleh hasilnya 2 orang siswa yang memperoleh motivasi tinggi dengan persentase
6,67%, 6 orang siswa yang memperoleh motivasi sedang dengan persentase 20%, dan 22 orang siswa yang memperoleh motivasi rendah dengan persentase 73,33%, dengan rata-rata klasikal sebesar 52,75%. Dan hasil di atas ditindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan diperoleh hasilnya 5 orang siswa yang memperoleh motivasi belajar sangat tinggi dengan persentase 16,67%, 8 orang siswa yang memperoleh motivasi tinggi dengan persentase 26,67%, 10 orang siswa yang memperoleh motivasi sedang dengan persentase 33,33%, dan 7 orang siswa yang memperoleh motivasi rendah dengan persentase 23,33%, dengan rata-rata klasikal sebesar 64,71%. Perolehan pada siklus I secara signifikan meningkat dan ditindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan hasil yaitu 19 orang siswa yang memperoleh motivasi sangat tinggi dengan persentase 63,33%, 8 orang siswa yang memperoleh motivasi tinggi
dengan persentase 26,67%, dan 3 orang siswa yang memiliki motivasi sedang dengan persentase 10%,dengan rata-rata klasikal sebesar 85,38%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat bangun ruang dikelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 139 |
Keywords: | Model Snowball Throwing, Motivasi Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30606 |