SYARIFUDDIN, M. IHSAN (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133111041 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 6133111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 6133111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 6133111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 6133111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 6133111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 6133111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 6133111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 6133111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 6133111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 6133111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola pada permainan sepak bola melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang berjumlah 36 orang diantaranya terdiri dari 19 siswa putra dan 17 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan menggiring bola permainan sepak bola masih rendah yaitu 4 siswa (11,11%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 32 siswa (88,88%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberikan pembelajaran menggiring bola melalui variasi pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar Siklus I diperoleh 20 siswa (55,55%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 siswa (44,49%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67,77. Pada Siklus II hasil belajar menggiring bola diperoleh 32 siswa (88.89%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,11%) masih belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,17. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari Siklus I ke Siklus II sebesar 13,40. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada permainan sepak bola siswa kelas VIII5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 072 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:05 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30591 |