HUTAPEA, MARTA (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141069 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM 7131141069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. NIM 7131141069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
4. NIM 7131141069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM 7131141069 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
6. NIM 7131141069 TABLES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. NIM 7131141069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
11. NIM 7131141069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
12. NIM 7131141069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4, jl. Gelas no 12a, kecamatan Medan Petisah, Ayahanda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 - MIA 6 SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 – X MIA 6 masing-masing dipilih secara acak sebanyak 72 orang.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan Menguji Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (6,429 > 1,667). Variabel lingkungan sekolah juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,447 > 1,667). Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel (22,872 > 3,130). Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,339 atau 33,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan Antara Minat Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 014 |
Keywords: | Minat Belajar;Lingkungan Sekolah;Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30587 |