KEMALA, AYU (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATFHAL 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
02 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
03 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
04 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
05 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
06 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14 NIM. 1143113003 AYU KEMALA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikemukan dalam penelitian ini ialah masih kurangnya kemampuan membaca permulaan anak dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca
permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 05 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitafif (eksperimen)
dengan desain Quast Eksperimen Design bentuk Randomized Posstest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh anak usia 5-6 (Kelompok B) tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Atfal 05 dengan jumlah anak sebanyak 120 anak. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 anak di kelas eksperimen dan 20 anak di kelas kontrol. Varibel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar dan variabel terikatnya ialah kemampuan membaca permulaan. Instrumen pengumpulan data pedoman observasi terstruktur. Analisis data menggunakan ujit dengan taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menununjukkan bahwa anak yang kelas eksperimen yang menggunakan media gambar memiliki nilai rata-rata 21,8 termasuk pada kategori
skor berkembang sesuai harapan dan anak kelas kontrol yang menggunakan media kartu huruf memiliki nilai rata-rata 16,35 masuk pada kategori skor mulai berkembang. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 10,33. Nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk = (n1 + n2) – 2 = 38;
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 025 |
Keywords: | Membaca Permulaan, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:51 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30564 |