Syafii, T.M (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEMITRAAN DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SMK (STUDI KASUS PADA SMK NEGERI PERCUT SEI TUAN DENGAN PT. ASTRA INTERNATIONAL, TBK MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1500015030111 Abstrak.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
1500015030111 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
1500015030111 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (776kB) | Preview
1500015030111 Bab I.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
1500015030111 Bab V.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
1500015030111 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kemitraan dalam hal seleksi siswa baru, bagaimana implementasi manajemen kemitraan dalam hal pengelolaan pembelajaran dan bagaimana implementasi manajemen kemitraan dalam hal pemasaran tamatan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi manajemen kemitraan dalam hal penerimaan siswa baru, (2) Implementasi manajemen kemitraan dalam hal pengelolaan pembelajaran, (3) lmplementasi manajemen kemitraan dalam hal pemasaran tamatan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini mencoba memusatkan kajian pada Implementasi Manajemen Kemitraan dalam Pelaksanaan Pendidikan (Studi Kasus pada SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan PT_ Astra International, Tbk Medan) meliputi penerimaan siswa baru, pengelolaan pembelajaran dan pemasaran tamatan.Melalui metode penelitian kualitatif peneliti sebagai human instrument ditemukan beberapa kesimpulan: (I) Manajemen seleksi siswa kelas Astra SMK Negeri I Percut Tuan dilaksanakan dengan melakukan beberapa ujian, yakni : Dasar Dasar Otomotifk, Psikologi dan wawancara. Siswa dari bidang Keahlian Teknik Mekanik Otomotif yang sudah duduk di kelas II dapat mengikuti seleksi dengan jatah kursi 32 orang per angkatan. (2) Manajemen pembelajaran SMK Negeri I Percut Sei Tuan menggunakan Kurikulum SMK edisi 1999 dan 2004 serta kurikulum Astra temyata lebih tepat dan cepat bagi siswa untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. (3) Manajemen Pemasaran Tamatan Kelas Astra di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dilakukan dengan cara memanfaatkan basil praktek industri yang dilakukan dijadikan awal dari pemasaran tamatan.Dan simpulan di atas dikemukakan rekomendasi/ saran yang penting sebagai berikut: Kepala SMK agar: (a) Semua siswa yang akan mengikuti pendidikan di SMK kiranya harus melalui seleksi paling tidak dalam penentuan jurusan agar tidak ditemukan lagi siswa yang salah dalam memilih jurusan. (b) SMK selain menerapkan kurikulum dari pemerintah pada pembelajaran sangat diharapkan dapat menggunalcan pola dan sistem pembelajaran di industri. (c) Pemasaran tamatan agar lebih ditingkatkan dan memberdayakan industri pasangan memperhatikan sertifikasi yang dimiliki siswa dan mengikut sertakan pihak yang mengeluarkan sertifikasi dalam pemasaran tamatan. Untuk Industri diharapkan: Dapat lebih membuka diri untuk menerima siswa SMK dalam pelaksanaan PSG sebagaimana yang sebaik-baiknya dan terbuka tentang aturan industri, dokumen dan pola kerjanya sehingga sekolah dapat lebih menerapkan aturan, pola dan tata kerjanya agar sesuai dengan yang berlaku di industri. Hal ini dialami peneliti mengenai soal yang dipergunakan dalam menjaring siswa kelas Astra tidak dapat didokumentasikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.23 Sya i |
Keywords: | Manajemen kemitraan; Penerimaan siswa baru; Pembelajaran; Manajemen pemasaran; Promosi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3054 |