PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Rizkia, Noviza (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166141012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166141012 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166141012 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166141012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166141012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166141012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166141012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166141012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166141012 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166141012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166141012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166141012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166141012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166141012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran prezi
terintegrasi model PBL yang dikembangkan pada materi hidrolisis garam telah
sesuai dengan standar BSNP; 2) penggunaan media pembelajaran powerpoint
menggunakan model Direct Instruction yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah
telah sesuai dengan standar BSNP; 3) perbedaan penggunaan media pembelajaran
prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan
model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 4) perbedaan
hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang
dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media
pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; dan 5) interaksi
antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa
dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Darul Falah Tahun Ajaran
2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel
penelitian ini adalah dua kelas di SMAN 1 Darul Falah masing-masing sebanyak
2 kelas. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari BSNP, tes objektif
hasil belajar yang valid dan reliable, gabungan angket dan lembar observasi
aktivitas siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji
General Linear Model (GLM) pada program SPSS 17.00. Hasil penelitian
disimpulkan bahwa: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang
dikembangkan memiliki kategori sangat layak; 2) tingkat kelayakan media
pembelajaran powerpoint yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah memiliki
kategori layak; 3) erdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang
dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media
pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 4) terdapat
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa
yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan
media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 5)
terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan kedua media yang
diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil
belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 546.7 Riz p
Keywords: Media Pembelajaran Prezi, Model Problem Based Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 01:27
Last Modified: 31 May 2018 01:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item
View Item