Rizkia, Noviza (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141012 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8166141012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
3. NIM. 8166141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 8166141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 8166141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 8166141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 8166141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8. NIM. 8166141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 8166141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 8166141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 8166141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran prezi
terintegrasi model PBL yang dikembangkan pada materi hidrolisis garam telah
sesuai dengan standar BSNP; 2) penggunaan media pembelajaran powerpoint
menggunakan model Direct Instruction yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah
telah sesuai dengan standar BSNP; 3) perbedaan penggunaan media pembelajaran
prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan
model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 4) perbedaan
hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang
dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media
pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; dan 5) interaksi
antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa
dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Darul Falah Tahun Ajaran
2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel
penelitian ini adalah dua kelas di SMAN 1 Darul Falah masing-masing sebanyak
2 kelas. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari BSNP, tes objektif
hasil belajar yang valid dan reliable, gabungan angket dan lembar observasi
aktivitas siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji
General Linear Model (GLM) pada program SPSS 17.00. Hasil penelitian
disimpulkan bahwa: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang
dikembangkan memiliki kategori sangat layak; 2) tingkat kelayakan media
pembelajaran powerpoint yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah memiliki
kategori layak; 3) erdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang
dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media
pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 4) terdapat
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa
yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan
media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 5)
terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan kedua media yang
diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil
belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.7 Riz p |
Keywords: | Media Pembelajaran Prezi, Model Problem Based Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 May 2018 01:27 |
Last Modified: | 31 May 2018 01:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30530 |