Siregar, Anggi Desviana (2018) PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL SESUAI KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141002 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM. 8166141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3. NIM. 8166141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 8166141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM. 8166141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6. NIM. 8166141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM. 8166141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM. 8166141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM. 8166141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 8166141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar materi bentuk
molekul yang digunakan di universitas sesuai kriteria yang ditetapkan oleh BSNP,
memperoleh modul terintegrasi project based learning berbantuan media
komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul sesuai kurikulum kerangka
kualifikasi nasional indonesia (KKNI), mengetahui peningkatan hasil belajar
mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian
ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model
pengembangan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation
(ADDIE). Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah dua bahan ajar kimia yang biasa digunakan pada mata kuliah
konsep dasar kimia FMIPA UNIMED dan dua kelas di jurusan FMIPA UNIMED
sebanyak 60 mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar
uji kelayakan modul berdasarkan BSNP, tes hasil belajar mahasiswa yang akan
dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 21.0
for windows dan lembar observasi respon mahasiswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Tingkat kelayakan bahan ajar kimia A dan B pada materi
bentuk molekul layak digunakan, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan
pada setiap buku sehingga perlu dilakukan pengembangan, (2) Hasil penilaian
validator terhadap modul terintegrasi project based learning berbantuan media
komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul sesuai KKNI diperoleh nilai
rata-rata keseluruhan sebesar 3,64 yang dinyatakan sangat layak untuk digunakan
mahasiswa dan tidak perlu dilakukan revisi, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar
mahasiswa yang menggunakan modul terintergrasi project based learning
berbantuan media komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul sesuai KKNI
dengan menggunakan bahan ajar pegangan mahasiswa, (4) Respon mahasiswa
terhadap penggunaan modul yang dikembangkan dalam pembelajaran tergolong
sangat baik dengan rata-rata sebesar 87 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.37 Sir p |
Keywords: | modul bentuk molekul, model pjbl, hyperchem, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 May 2018 01:21 |
Last Modified: | 31 May 2018 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30529 |