Lastri, Elvira (2018) PENGEMBANGAN KIT DAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8166141004 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM.8166141004 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
3. NIM.8166141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM.8166141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
5. NIM.8166141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM.8166141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7. NIM.8166141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
8. NIM.8166141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM.8166141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
13. NIM.8166141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM.8166141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kit dan penuntun praktikum
kimia terintegrasi model guided inquiry untuk kelas XI SMA/MA semester ganjil
sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development) dengan desain model ADDIE. Lokasi penelitian di
SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya yang
berada di kabupaten Kampar provinsi Riau. Populasi penelitian adalah siswa kelas
XI dengan sampel sebanyak 94 siswa dari ketiga sekolah tersebut. Teknik analisis
data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari lembar uji
kelayakan penuntun dan kit praktikum, lembar observasi sikap dan keterampilan,
tes hasil belajar kognitif, lembar observasi keterlaksanaan praktikum dan respon
siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kit dan penuntun praktikum
kimia yang telah dikembangkan valid dengan nilai berturut-turut sebesar 3,65 dan
3,7 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Hasil belajar
berdasarkan tes kemampuan kognitif siswa di sekolah SMAN 2 Kampar, SMAN 1
Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya berturut-turut sebesar 0,67 (sedang);
0,7 (tinggi); dan 0,73 (tinggi). Sementara itu hasil penilaian sikap siswa berturutturut
sebesar 89,37; 88,31; 86,93% dengan kriteria baik dan penilaian
keterampilan siswa berturut-turut sebesar 91; 89; 89% dengan kriteria baik. Hasil
uji keterlaksanaan praktikum terhadap siswa berturut-turut sebesar 88,74; 85,12;
85,78% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap buku
penuntun praktikum kimia diperoleh nilai berturut-turut sebesar 88,34; 86,62;
87,11% dengan kriteria baik dan respon siswa terhadap kit praktikum kimia
berturut-turut sebesar 88,87; 87,42; 87,17% dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 542.1 Las p |
Keywords: | Kit praktikum kimia, Penuntun praktikum kimia, model guided inquiry, Hasil belajar, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2018 03:04 |
Last Modified: | 26 May 2018 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30494 |