Pajar, Sepra (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141016 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8166141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM. 8166141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8166141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5. NIM. 8166141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 8166141016 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8166141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 8166141016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 8166141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
13. NIM. 8166141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 8166141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku penuntun dan kit praktikum
kimia yang inovatif bagi siswa kelas X SMA/MA semester ganjil sesuai
kurikulum 2013, penilaian buku penuntun dan kit praktikum kimia berdasarkan
tanggapan ahli serta peningkatan hasil belajar siswa melalui uji coba produk.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji coba
terbatas buku penuntun dan kit praktikum kimia ini dilakukan melalui pengamatan
terhadap keterlaksanaan, sikap, keterampilan dan respon siswa. Lokasi penelitian
di SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya dan
subjek uji coba terdiri dari 98 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan
lembar validasi penuntun praktikum, angket, lembar observasi dan instrument tes
hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: buku penuntun dan kit
praktikum kimia yang telah dikembangkan layak menjadi pegangan guru dalam
pembelajaran kimia; hasil uji keterlaksanaan terhadap sampel secara berurutan
pada aspek penilian kinerja sebesar 3,83; 3,77; 3,83 dan aspek kenerja produk
3,71; 3,78; 3,83 dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian sikap siswa sebesar
3,69; 3,69 dan 3,61 dengan kriteria baik, sedangkan penilaian keterampilan siswa
sebesar 3,70; 3,65 dan 3,66, dengan kriteria baik, sementara untuk hasil belajar
berdasarkan tes kemampuan kognitif sebesar 0,6 (sedang); 0,64 (sedang); dan
0,74 (tinggi), kemudian untuk respon siswa terhadap buku penuntun dan kit
praktikum kimia siswa sebesar 3,67; 3,65 dan 3,71 dengan kriteria baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 542.1 Paj p |
Keywords: | buku penuntun praktikum, kit praktikum kimia, SMA semester ganjil, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2018 02:55 |
Last Modified: | 26 May 2018 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30493 |