Harahap, Lenni Khotimah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141009 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8166141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
3. NIM. 8166141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8166141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM. 8166141009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 8166141009 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8166141009TABLE OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8166141009 TABLE OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8166141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
13. NIM 8166141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8166141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 SHS kelas XI semester 1 pada pokok bahasan kesetimbangan kimia berdasarkan standard isi yang telah ditetapkan oleh tim ahli, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia pokok bahasan kesetimbangan kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 dibandingkan dengan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia yang telah beredar di internet bersumber dari Pustekkom pada pokok bahasan yang sama, dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SHS Negeri yang menggunakan kurikulum 13. Sampel dalam penelitian ini diambil secara puposive sampling yaitu siswa kelas XI SHS Negeri 1 Padangsidimpuan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran dengan menggunakan Flash yang telah beredar di internet bersumber dari Pustekkom untuk SHS kelas XI semester 1 pada pokok bahasan kesetimbangan kimia layak digunakan tapi perlu dikembangkan (2) media pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 untuk SHS kelas XI semester 1 pada pokok bahasan kesetimbangan kimia sangat layak digunakan dan sesuai dengan Standar Isi yang ditetapkan oleh tim ahli (3) hasil belajar siswa dengan media pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Adobe Flash CS6 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan media pembelajaran yang telah beredar di internet bersumber dari Pustekkom pada pokok bahasan kesetimbangan kimia (4) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan media pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Adobe Flash CS6 dan media pembelajaran menggunakan Flash yang telah beredar diinternet bersumber dari Pustekkom pada pokok bahasan kesetimbangan kimia (5) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.3 Har p |
Keywords: | chemistry learning media, chemical equilibrium, Adobe Flash CS6, learning outcomes, learning motivation |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2018 02:41 |
Last Modified: | 26 May 2018 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30491 |