Sibangebange, Rita (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOLABORATIF DAN MEDIA CHARTA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SD 024763 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182044 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8136182044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
3. NIM. 8136182044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8136182044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 8136182044 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 8136182044 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8136182044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136182044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
12. NIM. 8136182044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8136182044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar
siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis
kolaboratif dan siswa yang dibelajarkan menggunakan media charta pada mata
pelajaran IPA di kelas V SD 024763 Binjai. (2) Untuk mengetahui efektivitas
belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis
kolaboratif dengan media charta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 024763
Kota Binjai, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan
teknik cluster random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif dan kelas B
yang dibelajarkan dengan menggunakan media Charta. Instrumen penelitian yang
digunakan disusun berdasarkan kisi-kisi yang mengikuti kriteria Bloom (C1-C4)
yaitu tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data
menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05
dengan bantuan SPSS 20.00. Signifikasi uji t adalah 0,001. Karena signifikasi <
0,005 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif berbasis kolaboratif dan
siswa yang dibelajarkan dengan media charta. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat sebagai : (1) Memberikan masukan kepada para guru mata
pelajaran IPA dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan
(2) sebagai masukan kepada para peneliti dalam rangka mengembangkan
penelitian-penelitian yang relevan. Diharapkan kepada guru untuk dapat
menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif pada materi
sifat-sifat cahaya dalam upaya meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa
dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371. 36 sib p |
Keywords: | Media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif, media charta, hasil belajar, sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 May 2018 04:27 |
Last Modified: | 25 May 2018 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30477 |