BUTAR - BUTAR, IVO LOISARI (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111031_COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 1143111031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 1143111031_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 1143111031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM. 1143111031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 1143111031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1143111031_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 1143111031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM. 1143111031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM. 1143111031_BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
14. NIM. 1143111031_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM. 1143111031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i VB SD Negeri 101771 Tembung sebanyak 37 orang dengan jumlah laki – laki 24 orang dan 13 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Berdasarkan analisis data didapati bahwa, observasi motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 58,87, siklus I pertemuan II motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 63,34, siklus II pertemuan I motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 72,30 dan siklus II pretemuan II motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 82,01. Kemudian ratarata angket motivasi belajar pada Pra Siklus sebesar 58,19 dengan kriteria motivasi rendah. Hanya 2 orang atau 5,40% dari 37 orang yang termotivasi dan
34 orang atau 94,60 % dari 37 orang siswa tidak termotivasi. Pada siklus I ratarata hasil angket motivasi belajar adalah 64,81 dengan kriteria motivasi sedang,
dimana terdapat 8 atau 21,62% dari 37 orang siswa yang termotivasi, 29 orang siswa atau 78,38% dari 37 orang siswa yang tidak termotivasi dan pada Siklus II
hasil rata-rata angket motivasi belajar adalah 81,16 dengan kriteria motivasi sangat tinggi dimana terdapat 34 orang atau 91,89% dari 37 orang siswa termotivasi , 3 orang atau 8,11% dari 37 orang siswa yang tidak termotivasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Kooperative tipe Pair Checks dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran Matematika dengan materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran di kelas VB SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016 / 2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 121 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check, Motivasi Belajar Siswa, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 May 2018 14:32 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30466 |