Harahap, Rina Syarah (2018) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP SWASTA DWITUNGGAL TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133311016 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02. NIM 2133311016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
03. NIM 2133311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04. NIM 2133311016 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
05. NIM 2133311016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. NIM 2133311016 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 2133311016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 2133311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
12. NIM 2133311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM 2133311016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui kesesuaian indikator yang dirumuskan dengan Kompetensi Dasar, 2. mengetahui kesesuaian materi yang dikembangkan untuk pengembangan KD, 3. mengetahui kesesuaian kegiatan yang dikembangkan untuk pencapaian KD, 4. mengetahui kesesuaian penilaian yang dikembangkan dengan KD.
Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data kualitatif atau data yang berbentuk kata-kata dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terdapat kesesuaian rumusan indikator dengan pencapaian kompetensi dasar. Metode pembelajaran yang dipilih menggunakan metode yang bervariasi disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai berdasarkan situasi dan karekteristik siswa seperti metode tanya jawab dan pemberian tugas. Kesesuaian materi dengan pengembangan kompetensi dasar diketahui bahwa (1) menentukan strategi yang sesuai dengan semua kemampuan siswa, sudah baik di mana guru memberi perhatian khusus kepada siswa yang mempunyai kemampuan kurang pada saat pembelajaran. (2) pengaturan waktu dalam penyusunan RPP, telah sesuai dilakukan dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk membuat RPP beberapa eksemplar. (3) menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, juga sudah sesuai dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan, kecerdasan, dan pengetahuan yang dimiliki siswa. Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam RPP sudah mencerminkan pendekatan yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik. Kesesuaian penilaian dengan pengembangan kompetensi dasar yaitu penilaian RPP yang dibuat guru telah sesuai dengan ketentuan rumusan penilaian. Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Penilaian yang dilakukan guru yaitu otentik assessment (penilaian proses) dan sikap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 061 |
Keywords: | RPP, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 23 May 2018 14:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30451 |