Esvinosa, Armando (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111010_COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1143111010_LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1143111010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. NIM. 1143111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
6. NIM. 1143111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 1143111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
7. NIM. 1143111010_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 1143111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 1143111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
10. NIM. 1143111010_BAB I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
14. NIM. 1143111010_BAB V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
15. NIM. 1143111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SDN 101800 Deli Tua T.A 2017?2018.
Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model Course Review Horay. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV D SDN 101800 Deli Tua T.A 2017/2018 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 18 perempuan dan 12 laki-laki laki. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Course Review Horay. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.
Berdasarkan analisis data, pada pretest terhadap 30 siswa diperoleh sebanyak 4 siswa yang tuntas belajar (13,33%) dan 26 siswa yang tidak tuntas (86,67%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 46,5 Setelah peneliti menindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay diperoleh sebanyak 19 siswa yang tuntas belajar (63,33%) dan 11 siswa yang tidak tuntas (36,67%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 65,16. Dari perolehan siklus I peneliti menindaklanjuti pada siklus II secara signifikan perolehan ketuntasan belajar siswa menjadi sebanyak 27 siswa yang tuntas belajar (90%) dan 3 siswa yang tidak tuntas (10%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 80.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SDN 101800 Deli Tua T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 111 |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; COURSE REVIEW HORAY |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 23 May 2018 14:32 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30448 |