NURSALAM, RASYID (2018) PENGARUH MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (5131131020) COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. (5131131020) APPROVAI-SHEET.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
3. (5131131020) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. (5131131020) PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. (5131131020) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. (5131131020) ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. (5131131020) TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. (5131131020) APENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. (5131131020) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
13. (5131131020) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. (5131131020) BLIBLLOGRAPY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan model Tutor Sebaya. Pengamatan dilapangan melibatkan proses pembelajaran di sekolah kurang meningkatkan kreativitas siswa. Pelaksanaan pembelajaran di SMK Tunas Pelita Binjai ditemukan beberapa guru yang menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan menerapkan metode ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menjadikan proses pembelajaran berjalan satu arah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Design, hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan untuk mendapatkan nilai awal sebelum treatment dan nilai hasil akhir. Setelah data data didapat maka data tersebut dicari realibilitas, normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya didapat nilai rata-rata Pretest sebesar 62,15 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 80,87 dan hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik menggunakan model pembelajaran Konvensional didapat nilairata-rataPretest sebesar 60,00 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 70,00. Sehingga ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Tutor Sebaya dan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 027 |
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Tutor Sebaya, Instalasi Tenaga Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 22 May 2018 14:27 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30424 |