HUTABALIAN, FRISKA AGUSTYA (2018) HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 2133311015 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
02. NIM. 2133311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
03. NIM. 2133311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
04. NIM. 2133311015 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM. 2133311015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
06. NIM. 2133311015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM. 2133311015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM. 2133311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
12. NIM. 2133311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13. NIM. 2133311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan sampel berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling (acak kelas). Dalam penelitian ini data berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif berjumlah 25 soal dengan menguraikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang telah tersedia dan diberi skor 4 bila menguraikan jawaban sebanyak 4, diberi skor 3 bila menguraikan jawaban sebanyak 4, diberi skor 2 bila menguraikan jawaban sebanyak 2 dan diberi skor 0 untuk jawaban salah atau tidak menjawab dengan rentang nilai 0-100. Sedangkan data kemampuan menulis teks cerpen dikumpulkan dengan tes penugasan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kreatif tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ Kedua, kemampuan menulis teks cerpen tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ . Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa. Besaran korelasinya (rxy=0,71) berada pada rentangan 0,60 - 0,799 dan tergolong ke dalam kategori kuat. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 056 |
Keywords: | Kemampuan; Berpikir Kreatif; Menulis; Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 22 May 2018 10:52 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30410 |