Sijabat, Ivany Triulan (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL MEMBUAT POLA BLUS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5123341013 - COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM.5123341013 - APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM.5123341013 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM.5123341013 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM.5123341013 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM.5123341013 - ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM.5123341013 - TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.5123341013 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM.5123341013 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13.NIM.5123341013 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14.NIM.5123341013 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana hasil pembuatan pola blus wanita dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar, 2) Mengetahui bagaimana hasil pembuatan pola blus wanita tanpa menggunakan media pembelajaran adobe flash siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar, 3) Mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar pembuatan pola blus wanita siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Ekperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar sebanyak dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola blus wanita dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada pembuatan pola blus wanita. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran adobe flash pada membuat pola blus ini berhasil melalui tahapan, yaitu: 1) Hasil belajar membuat pola blus wanita tanpa menggunakan media pembelajaran adobe flash berada pada kategori tinggi dengan hasil presentase (23,3%) sedangkan yang termasuk kategori rendah dengan hasil presentase sebesar (76,6%) dan nilai rata-rata (Mean) 70,4, 2) Hasil belajar membuat pola blus wanita dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash berada pada kategori tinggi kategori tinggi dengan hasil presentase sebesar (96,7%) sedangkan yang termasuk kategori rendah dengan hasil presentase sebesar (3,3%) dan nilai rata-rata (Mean) 91,1, 3) Hasil belajar membuat pola blus wanita tanpa menggunakan media pembelajaran adobe flash adalah berdistribusi normal dimana, Lhitung < Ltabel, 4) Kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 0,50 < 2,24 sehingga kedua kelas memiliki varians yang sama (homogen), 5) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel yaitu 12,93 > 1,671. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar membuat pola blus wanita pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 022 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Highway design. Interchanges and intersections |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 May 2018 14:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30369 |