HUTABARAT, IRAWATI LEBORA (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176009 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 8156176009 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 8156176009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8156176009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 8156176009 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 8156176009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 8156176009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 8156176009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 8156176009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM. 8156176009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 8156176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar semester II tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini di ambil secara cluster random sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa, kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dibelajarkan dengan model problem based learning dan kelas kontrol terdiri dari 32 siswa dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kreativitas dalam bentuk uraian sebanyak 7 item dan kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 5 item. Hasil analisis dengan uji t adalah kreativitas adalah thitung > ttabel (2,150 > 1,988) maka dapat disimpulkan kreativitas fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung dan hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah adalah thitung > ttabel (3,038 > 1,988) maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Kreativitas, Kemampuan Pemecahan MasalahPrfr |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 15 May 2018 14:01 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30344 |