KHODIJAH, SITI (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD BUNGA PANDAN DESA LALANG KEC. MEDANG DERAS KAB. BATUBARA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM. 1141113027 SITI KHODIJAH - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kecerdasan naturalistik anak usia 5-6 tahun yang di lakukan di PAUD BUNGA PANDAN Desa Lalang. Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah masih rendahnya kecerdasan naturalistik anak. Hal ini
dikarenakan kegiatan pembelajaran yang konvensional yang terfokus pada buku paket anak. Penelitian ini menggunakan kelas B sebagai kelas penelitian. Pada kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yakni 12,5 dan kelas kontrol bernilai 9,2 dengan beda 3,3 pada nilai rata-rata, sehingga kecerdasan naturalistik pada usia 5-6 tahun pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,86 > 1,7074 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan
naturalistik anak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD BUNGA PANDAN Desa Lalang TA. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 016 |
Keywords: | pendekatan saintifik; Kecerdasan Naturalistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 11 May 2018 16:41 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30327 |