PENGEMBANGAN KIT DAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTERGRASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013

Lastri, Elvira (2018) PENGEMBANGAN KIT DAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTERGRASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.8166141004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.8166141004 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8166141004 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8166141004 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.8166141004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.8166141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.8166141004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.8166141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.8166141004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.8166141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.8166141004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.8166141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.8166141004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.8166141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.8166141004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.8166141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.8166141004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.8166141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.8166141004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.8166141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM.8166141004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.8166141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kit dan penuntun praktikum
kimia terintegrasi model guided inquiry untuk kelas XI SMA/MA semester ganjil
sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development) dengan desain model ADDIE. Lokasi penelitian di
SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya yang
berada di kabupaten Kampar provinsi Riau. Populasi penelitian adalah siswa kelas
XI dengan sampel sebanyak 94 siswa dari ketiga sekolah tersebut. Teknik analisis
data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari lembar uji
kelayakan penuntun dan kit praktikum, lembar observasi sikap dan keterampilan,
tes hasil belajar kognitif, lembar observasi keterlaksanaan praktikum dan respon
siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kit dan penuntun praktikum
kimia yang telah dikembangkan valid dengan nilai berturut-turut sebesar 3,65 dan
3,7 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Hasil belajar
berdasarkan tes kemampuan kognitif siswa di sekolah SMAN 2 Kampar, SMAN 1
Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya berturut-turut sebesar 0,67 (sedang);
0,7 (tinggi); dan 0,73 (tinggi). Sementara itu hasil penilaian sikap siswa berturutturut
sebesar 89,37; 88,31; 86,93% dengan kriteria baik dan penilaian
keterampilan siswa berturut-turut sebesar 91; 89; 89% dengan kriteria baik. Hasil
uji keterlaksanaan praktikum terhadap siswa berturut-turut sebesar 88,74; 85,12;
85,78% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap buku
penuntun praktikum kimia diperoleh nilai berturut-turut sebesar 88,34; 86,62;
87,11% dengan kriteria baik dan respon siswa terhadap kit praktikum kimia
berturut-turut sebesar 88,87; 87,42; 87,17% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: kit praktikum kimia, penuntun praktikum kimia, model guided inquiry, hasil belajar, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 04 May 2018 14:48
Last Modified: 27 Dec 2018 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item
View Item