Hutajulu, Trisnawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131111026 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 5131111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 5131111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 5131111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 5131111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 5131111026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5131111026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5131111026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5131111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM. 5131111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 5131111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan melalui penerapan model pembelajaran (TAI) Team Assisted Individualization. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 34 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasidan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian pada siklus I didapat hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori tidak kompeten sebanyak 10 siswa dengan persentase 29,41%; cukup kompeten sebanyak 16 siswa dengan persentase 47,06%; kompeten sebanyak 8 siswa dengan persentase 23,53%; dengan nilai perolehan rata-rata 75,25. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu kategori cukup kompeten sebanyak 10 siswa dengan persentase 29,41%, kompeten sebanyak 19 siswa dengan persentase 55,88%, sangat kompeten sebanyak 5 siswa dengan persentase 14,71%, dengan nilai perolehan rata-rata sebesar 84,47. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran (TAI) Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 024 |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 04 May 2018 14:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30297 |