PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTS.S MUHAMMADIYAH SEI APUNG JAYA

LUBIS, AZLINA (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTS.S MUHAMMADIYAH SEI APUNG JAYA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8156172007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8156172007 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8156172017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8156172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8156172007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8156172007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8156172007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8156172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8156172007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8156172007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8156172007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8156172007 TABLES.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8156172007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8156172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8156172007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8156172007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (928kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8156172007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8156172007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8156172007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8156172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (2) kepraktisan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (3) efektivitas bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (4) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (5) peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D, produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, dan instrumen-instrumen. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-4 dan uji coba II di kelas VII-3 MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan valid (2) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan praktis berdasakan hasil revisi dari tim ahli dan keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik memenuhi keefektifan, efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b)waktu ideal; dan c) respon siswa; (4) Adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (5) Adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR; PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK; KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS; KECERDASAN EMOSIONAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 04 May 2018 14:37
Last Modified: 27 Dec 2018 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30295

Actions (login required)

View Item
View Item