LUBIS, AZLINA (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTS.S MUHAMMADIYAH SEI APUNG JAYA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156172007 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2 NIM. 8156172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
3. 8156172007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. 8156172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 8156172007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. 8156172007 TABLES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. 8156172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 8156172007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (928kB) | Preview
12. 8156172007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. 8156172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (2) kepraktisan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (3) efektivitas bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (4) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (5) peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D, produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, dan instrumen-instrumen. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-4 dan uji coba II di kelas VII-3 MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan valid (2) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan praktis berdasakan hasil revisi dari tim ahli dan keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik memenuhi keefektifan, efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b)waktu ideal; dan c) respon siswa; (4) Adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (5) Adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR; PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK; KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS; KECERDASAN EMOSIONAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 04 May 2018 14:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30295 |