Sarumaha, Chayani Setiades (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALISIS VEKTOR GERAK PARABOLA KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321006 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 4133321006 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. NIM 4133321006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM 4133321006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM 4133321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM 4133321006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 4133321006 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 4133321006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 4133321006 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM 4133321006 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM 4133321006 BILBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Model Problem Based Learning merupakan salah satu model
pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan dalam kelas sains. Model
pembelajaran ini menggunakan media matlab sebagai alat bantu dalam
menjelaskan grafik gerak parabola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Metode kuantitatif
digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang dipakai adalah quasi
experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara clusster random sampling.
Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI MS-1 dan kelas
kontrol XI MS-3 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai ratarata
pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 22,25 dan
22,43. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan nilai rata-rata kelas
eksperimen 69,375 dan kelas kontrol 64,03. Selama penelitian dilakukan
pengamatan aktivitas siswa dan siswa tergolong aktif dengan nilai = 65,82. Hasil
uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh, ada pengaruh yang signifikan
menggunakan model problem based learning berbantuan matlab pada materi
analisis vektor gerak parabola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 060 |
Keywords: | quasi experiment, problem based learning, matlab, hasil belajar, aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 03 May 2018 14:55 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30275 |