MINGKA, ISNA IRMAYANI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111040_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1141111040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 1141111040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1141111040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 1141111040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 1141111040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1141111040_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1141111040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1141111040_BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
14. NIM. 1141111040_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1141111040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing
terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak
26 orang siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan yang berasal dari
siswa kelas VA pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini melalui test dan observasi.Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini
adalah “Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Starts With A
Question untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Pokok
Peristiwa Alam di kelas VA SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2017/2018
Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model
Learning Starts With A Question dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD
Negeri 101772 Tanjung Selamat yang dibuktikan dengan nilai tes awal 47,11 dimana 5
orang siswa atau (19,23%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sedangkan ada 21
orang belum mencapai ketuntasan belajar. Namun setelah dilakukan tindakan pada siklus
I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,11 dimana 14 orang siswa atau
(53,84%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang belum
mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II ini terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa
diperoleh 80 ,19 dimana 23 orang siswa atau (88,46%) siswa sudah mencapai tingkat
ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Starts With A
Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD
Negeri 101772 Tanjung Selamat. Guru juga hendaknya menggunakan model Learning
Starts With A Question supaya siswa lebih aktif, Kreatif dalam proses belajar mengajar.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan,
baik mengenai isi maupun mengenai pembahasan, Namun penulis telah berusaha
semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang penulis miliki. Oleh karena itu
penulis tidak menutup diri atas adanya kritik dan saran yang bersipat membangun demi
perbaikan di masa yang akan datang.
Dalam menyelesaikan Skripsi banyak mendapat bimbingan, dorongan, serta
bantuan dari berbagai pihak, baik moril maupun materi.
Penulis sangat menyadari tanpa bantuan dari pihak-pihak tersebut sulit kiranya untuk
menyelesaikan skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 099 |
Keywords: | Hasil belajar, learning starts with a question, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 May 2018 11:41 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30234 |