ANALISIS PENYUSUNAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMK DI LABUHAN BATU

Nababan, Hotdiana (2018) ANALISIS PENYUSUNAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMK DI LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156132071 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156132071 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156132071 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156132071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156132071 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156132071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156132071 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156132071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156132071 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156132071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156132071 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156132071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156132071 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156132071 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156132071 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156132071 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156132071 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156132071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156132071 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156132071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156132071 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156132071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengawas SMK Labuhan
Batu menyusun program supervisi akademik pengawas SMK Labuhan Batu. Jenis
penelitian yang digunakan adalah analisis program dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pengawas Labuhan Batu mulai Januari sampai
dengan Agustus 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
studi dokumentasi, observasi. Validasi dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik
Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada teori Miles dan
Huberman. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat pemahaman pengawas SMK
Labuhan Batu tergolong sedang yaitu 60%. Proses penyusunan program tahunan
pengawas SMK tidak prosedural yaitu tidak mengidentifikasi hasil pengawasan dan
menganalisis hasil pengawasan tahun sebelumnya, akan tetapi langsung kepada proses
perumusan rancangan dan penyempurnaan rancangan program pengawasan. Kendala
yang dialami pengawas dalam penyusunan program yaitu (1) Lingkungan yang dinamis
dan kompleks yaitu bersatunya semua pengawas per jenjang dalam satu kantor dan
satu korwas, (2) Keterbatasan yaitu tidak disiplinnya pengawas mengumpulkan nilai
atau laporan yang biasanya ini dipengaruhi oleh ketidakdisplinan pengawas melakukan
tugasnya, (3) Sistem penghargaan yang tidak tepat, yaitu protesnya pengawas
terhadap korwas bila nilai di SKP dibuat rendah sehingga korwas menyamakan semua
nilai pengawas seolah-olah semua pengawas melaksanakan tugasnya atau semua
program pengawas tercapai. Solusi yang diambil terhadap kendala penyusunan program
tersebut adalah (1) Pemisahan pendidikan jenjang dikmen dan dikdas (2) Konsistensi
pengawas dalam mengumpulkan laporan analisis kepengawasan (3) Penghargaan yang
efektif terhadap pengawas dan korwas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.2 Nab a
Keywords: proses penyusunan program, supervisi akademik;Pemahaman Pengawas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2018 01:23
Last Modified: 02 May 2018 01:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30215

Actions (login required)

View Item
View Item