Nababan, Hotdiana (2018) ANALISIS PENYUSUNAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMK DI LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132071 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156132071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
3. NIM. 8156132071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 8156132071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 8156132071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8156132071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8156132071 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8156132071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156132071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM. 8156132071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 8156132071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengawas SMK Labuhan
Batu menyusun program supervisi akademik pengawas SMK Labuhan Batu. Jenis
penelitian yang digunakan adalah analisis program dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pengawas Labuhan Batu mulai Januari sampai
dengan Agustus 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
studi dokumentasi, observasi. Validasi dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik
Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada teori Miles dan
Huberman. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat pemahaman pengawas SMK
Labuhan Batu tergolong sedang yaitu 60%. Proses penyusunan program tahunan
pengawas SMK tidak prosedural yaitu tidak mengidentifikasi hasil pengawasan dan
menganalisis hasil pengawasan tahun sebelumnya, akan tetapi langsung kepada proses
perumusan rancangan dan penyempurnaan rancangan program pengawasan. Kendala
yang dialami pengawas dalam penyusunan program yaitu (1) Lingkungan yang dinamis
dan kompleks yaitu bersatunya semua pengawas per jenjang dalam satu kantor dan
satu korwas, (2) Keterbatasan yaitu tidak disiplinnya pengawas mengumpulkan nilai
atau laporan yang biasanya ini dipengaruhi oleh ketidakdisplinan pengawas melakukan
tugasnya, (3) Sistem penghargaan yang tidak tepat, yaitu protesnya pengawas
terhadap korwas bila nilai di SKP dibuat rendah sehingga korwas menyamakan semua
nilai pengawas seolah-olah semua pengawas melaksanakan tugasnya atau semua
program pengawas tercapai. Solusi yang diambil terhadap kendala penyusunan program
tersebut adalah (1) Pemisahan pendidikan jenjang dikmen dan dikdas (2) Konsistensi
pengawas dalam mengumpulkan laporan analisis kepengawasan (3) Penghargaan yang
efektif terhadap pengawas dan korwas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Nab a |
Keywords: | proses penyusunan program, supervisi akademik;Pemahaman Pengawas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2018 01:23 |
Last Modified: | 02 May 2018 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30215 |