Ananda, Nurul Fadhilah (2018) PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI INTERAKTIF "TEMATIK" BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SDN 028229 BINJAI BARAT TP 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111061_COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 1141111061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM. 1141111061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM. 1141111061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM. 1141111061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1141111061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1141111061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1141111061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1141111061_BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 1141111061_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1141111061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
15. NIM. 1141111061_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan game edukasi interaktif “tematik" berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar tema 4
Berbagai Pekerjaan kelas IV SD N 028229 Binjai Barat TP 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 siswa di SD Negeri 028229 Binjai Barat. Penelitian ini dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan, 1 pertemuan untuk pemberian pretest, 4 pertemuan untuk pemberian treatment, dan 1 pertemuan akhir untuk pemberian posttest. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang
sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes. Analisa data menggunakan uji-t satu pihak kanan.Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kegiatan belajar dengan menggunakan game edukasi berbasis
macromedia flash. Berdasarkan pemerolehan hasil tes setelah dilakukannya treatment pada kelas eksperimen, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata
skor observasi akhir (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 24,26. Kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 80,86 yang diartikan bahwa hasil belajar siswa
hampir sangat baik. Adapun hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 dengan kriteria pengujian uji pihak kanan dimana harga thitung> ttabel atau 8,512 > 2,066 dengan dk = (n1 + n2 – 2), maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh game edukasi berbasis macromedia flash terhadap hasil
belajar kelas IV SD Negeri 028229 Binjai Barat tahun ajaran 2017/2018.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan yang diperoleh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan game edukasi berbasis macromedia flash. Disarankan kepada para guru sebaiknya menggunakan game edukasi dalam pembelajaran guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 092 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, GAME EDUKASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 16:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30210 |