Harahap, Selvi Selptiani (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPS GEMA BUWANA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171066 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 8156171066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3. NIM. 8156171066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8156171066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 8156171066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8156171066 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 8156171066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 8156171066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156171066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. NIM. 8156171066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan realistik, (2) Peningkatan kemandirian belajar
siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistic,
(3) Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian
belajar siswa SMP Swasta Gema Buwana. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Instrumen
dalam penelitian ini adalah RPP, LAS, Buku Siswa, Tes Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis dan Angket Kemandirian Bekajar. Uji coba I dilakukan pada
pada siswa kelas VII-6 dan uji coba II pada kelas VII-4 SMPS Gema Buwana.
Dari hasil penelitian ini diperoleh: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan realistik yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata
skor 77,94% dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata skor 86,1%; 2)
Peningkatan Kemandirian Belajar siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada uji coba I
memperoleh rata-rata skor 83,44% dan meningkat pada uji coba II dengan ratarata
skor 87,69%. 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang
dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) aktivitas siswa dalam toleransi yang telah
ditetapkan, b) kegiatan guru mengelola pembelajaran dengan kategori sangat
tinggi, c) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan
pembelajaran positif, dan d) ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah
secara klasikal;
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Har p |
Keywords: | Model Pengembangan, Perangkat Pengembangan, Kemandirian Belajar, Pendekatan Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 02:33 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30192 |