Yunismeini, Eva (2010) HUBUNGAN PARTISIPASI MASYARAKAT, DUKUNGAN DINAS PENDIDIKAN, DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT DENGAN PENINGKATAN MUTU LULUSAN PAKET C DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500071188110055 Abstrak.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
1500071188110055 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
1500071188110055 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
1500071188110055 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500071188110055 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500071188110055 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan partisipasi masyarakat, dukungan Dinas Pendidikan dan manajemen pembelajaran PKBM dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan.Populasi penelitian ini adalah pengelola dan tutor PKBM yang ada di Kota Medan. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah total sampling, sehingga diperoleh sampel berjumlah 40 orang. Pengumpulan data untuk keempat variabel penelitian ini menggunakan angket dengan mempedomani skala model Likert.Hasil analisis hipotesis pertama dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana diperoleh ry.1 = 0.45. sedangkan R2 y-1= 0.20. Hal ini berarti bahwa hubungan yang ditimbulkan variabel partisipasi masyarakat dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan kuat dan sangat signifikan. Dengan demikian, maka sumbangan yang diberikan variabel partisipasi masyarakat (X1) dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan (Y) adalah sebesar 20%. Analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi sederhananya adalah Y=48.32 + 0.43X1.Hasil analisis hipotesis kedua menunjukkan bahwa ry.2= 0.38., sedangkan R2 y.2 = 0.14. Hal ini berarti bahwa hubungan yang ditimbulkan variabel dukungan Dinas Pendidikan dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan kuat dan sangat signifikan. Dengan demikian, maka sumbangan yang diberikan variabel dukungan Dinas Pendidikan (X2) dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan (Y) adalah sebesar 14%. Melalui analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi sederhananya adalah Y = 57.93 + 0.38X2.Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukkan bahwa ry.3 = 0.55., sedangkan R2 y.3= 0.30. Hal ini berarti bahwa hubungan yang ditimbulkan variabel manajemen pembelajaran PKBM dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan kuat dan sangat signifikan. Dengan demikian, maka sumbangan yang diberikan variabel manajemen pembelajaran PKBM (X3) dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan (Y) adalah sebesar 30%. Melalui analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi sederhananya adalah Y = 42.35 + 0.25X3.Sedangkan hipotesis keempat menunjukan bahwa ryi 23 = 0.51., sedangkan Ry1,2.3 = 0.27. Dengan demikian ketiga hubungan ketiga variabel prediktor penelitian, yakni partisipasi masyarakat, dukungan dinas pendidikan, dan manajemen pembelajaran PKBM dengan peningkatan mutu lulusan Paket C di Kota Medan adalah kuat dan signifikan. Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh ketiga variabel prediktor secara bersama-sama adalah 27%., Melalui analisis regresi berganda diperoleh persamaan garis regresinya adalah Y = 35.28 + 0.35X1 + 0.24X2 + 0.26X3.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.904 73 Yun h |
Keywords: | Pendidikan; Manajemen; Pembelajaran; Evaluasi; Kepemimpinan; Paket C; Mutu Lulusan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 21:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3019 |