PERBEDAAN HASIL BELAJAR STATISTIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS

Amalia, Poppy and Surya, Edy (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR STATISTIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO), 08 (01). pp. 8-14. ISSN 2086-2334

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa hasil belajar statistika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) lebih baik daripada TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X Semester II. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X TKR-1 sebagai kelas eksperimen A dan kelas X TKR-3 sebagai kelas eksperimen B, dimana kelas eksperimen A menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen B menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil Perhitungan diperoleh thitung = 3,32447 dan ttabel = 1,67078sehingga thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka hipotesis diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar statistika antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada TPS pada siswa kelas X

Item Type: Article
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Statistika; Numbered head together; Think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Apr 2018 10:07
Last Modified: 26 Apr 2018 10:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30178

Actions (login required)

View Item
View Item