IMPLEMENTATION STRATEGY INSTANT ASSESSMENT TO INCREASE ACTIVITY AND RESULT OF LEARNING MATHEMATICS OF AL MAKSUM JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Novriani, Milda Rizky and Nasution, Marah Doly and Surya, Edy (2017) IMPLEMENTATION STRATEGY INSTANT ASSESSMENT TO INCREASE ACTIVITY AND RESULT OF LEARNING MATHEMATICS OF AL MAKSUM JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO), 08 (01). ISSN 2086-2334

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII-3 di SMP Al Maksum Percut Sei Tuan T.P 2014/2015 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasilnya meningkat pada hasil belajar dan rata-rata keaktifan siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 44,44% pada siklus ini yang menjadi tujuan dalam penelitian belum tercapai, dan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa hanya 2,46. Siklus II Hasil belajar yaitu 75,00% dan nilai rata-rata keaktifan siswa 2,8. Siklus III mencapai ketuntasan hasil belajar siswa 91,67% dan ternyata pada siklus III ini menunjukkan peningkatan dengan rata-rata keaktifan siswa 3,06 dengan kategori baik.

Item Type: Article
Keywords: Aktivitas belajar; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Instant assessment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Apr 2018 10:02
Last Modified: 26 Apr 2018 10:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item
View Item