ANDRIANI, SRI DWI (2018) PENGARUH MINAT BACA GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/201816. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131131039 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 3131131039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. NIM. 3131131039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3131131039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 3131131039 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 3131131039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 3131131039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 3131131039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 3131131039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. NIM. 3131131039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
15. NIM. 3131131039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Pengaruh Minat Baca Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNIMED. 2017.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui minat baca geografi siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan, (2) Untuk mengetahui perolehan hasil belajar geografi siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan, (3) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan yang terjadi antara minat baca geografi dengan hasil belajar geografi yang diperoleh di Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan pada tahun 2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 128 orang. Sampel ditentukan 25% dari setiap kelas sehingga berjumlah 32 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling karena setiap responden memiliki kesempatan yang sama. Teknik yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan observasi kemudian dianalisis deskritif dan statistik imperensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat baca geografi dilihat dari 3 indikator termasuk dalam variasi namun lebih dominan tinggi yaitu sebanyak 20 orang siswa dengan persentasi 62,5%, (2) Hasil belajar geografi siswa Kelas XI IPS termasuk ke dalam variasi namun lebih dominan tinggi yaitu sebanyak 20 orang siswa dengan persentasi 62%, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat baca geografi dan hasil belajar geografi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan ditunjukkan dengan perolehan nilai 6,948 yang termasuk dalam kategori rendah atau dengan persentasi 48,27% yang berarti bahwa sumbangan minat baca geografi sebesar 51,73% terhadap hasil belajar geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 032 |
Keywords: | MINAT BACA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 14:15 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30166 |