ZEIN, TARMIZI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN KARTU (INDEX CARD MATCH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311068_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143311068_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 1143311068_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 1143311068_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1143311068_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 1143311068_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143311068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1143311068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311068_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1143311068_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1143311068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1143311068_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah dengan Model Pembelajaran Mencari Pasangan Kartu (Index Card Match) Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana di Kelas V SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2017/2018 ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah
Untuk Meningkatan Aktivitas belajar Siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana dengan penggunaan model pembelajaran mencari pasangan kartu (Index Card Match) di Kelas V SD Negeri 101797 Deli Tua T.A
2017 – 2018. Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, objek dalam penelitian ini
adalah penggunaan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data penelitian aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Secara keseluruhan, sebelum diberikan tindakan (pra siklus) diperoleh nilai aktivitas belajar siswa melalui angket dengan rata-rata nilai sebesar 47,70 termasuk kategori aktivitas belajar sedang, persentasi kategori rendah 20,83% yaitu sebanyak 5 orang siswa, kategori sedang sebanyak 14 orang dengan persentasi 58,34% kategori tinggi 5 orang siswa dengan persentasi 20,83%. Setelah diterapkan siklus I dengan model Index Card Match nilai rata-rata
aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 74,19 dan masuk kedalam kategori tinggi dengan masing masing besar persentasi kategori rendah 0% tidak ada siswa yang masuk kedalam kategori rendah, kategori sedang sebanyak 1 orang siswa besar persentasi 4,16% kategori tinggi sebanyak 20 orang besar persentasi 83,34 % dan kategori sangat tinggi sebesar 12,5% sebanyak 3 orang siswa. Dan setelah
dilakukan siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 91,88 dan masuk kedalam kategori sangat tinggi dengan masing masing kategori rendah dan sedang sebesar 0% , kategori tinggi sebanyak 1 orang siswa 4,16 % dan kategori sangat tinggi sebesar 95,84% sebanyak 23 orang siswa. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat jika diterapkan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi pokok pesawat
sederhana di kelas V SD Negeri 171797 Delitua. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Index Card Match dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi pesawar sederhana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 090 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Index Card Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 11:58 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30164 |