Nasution, Masyithoh Nur (2017) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156131005 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 8156131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. NIM. 8156131005 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8156131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 8156131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 8156131005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8156131005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156131005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 8156131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
13. NIM. 8156131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 8156131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah. Kepemimpinannya
akan sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Tujuan penelitian
ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi kepemimpinan yang diterapkan kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, (2)
mendeskripsikan proses penerapan strategi kepemimpinan dilakukan kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, dan (3)
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Yang dianalisis melalui
tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: peningkatan semangat
kerja para guru, pengembangan kerjasama dengan lembaga lain, peningkatan
pemberian penghargaan pada guru yang berprestasi dan memberikan
kesejahteraan di luar gaji pokok, (2) proses penerapan strategi kepemimpinan
kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan:
mendatangkan tim ahli untuk mengadakan pembinaan, memantau perkembangan
guru, memperlakukan guru sebagai mitra kerja, 3) faktor pendukung dan
penghambat yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik
dan tenaga kependidikan: 1) faktor pendukung: membuat perencanaan
pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan
memperhatikan kondisi peserta didik, mewujudkan iklim kelas yang kondusif, 2)
faktor penghambat: masih adanya guru yang rendah kesadarannya akan
peningkatan mutu guru, masih adanya guru yang kurang berkompeten dan masih
kurangnya jumlah guru sesuai kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Nas s |
Keywords: | Kepala Sekolah, Mutu Pendidik, Strategi Kepemimpinan, Tenaga Kependidikan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 01:43 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30159 |