MANULLANG, EVI KESIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 173533 SITINJAK BARINGIN PAKKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111022_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1143111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 1143111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 1143111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM. 1143111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1143111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 1143111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM. 1143111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1143111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi pokok Peristiwa Alam di kelas V SD Negeri 173533 Sitinjak Baringin Kec. Pakkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Reciprocal Teaching pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 173533 Sitinjak Baringin Kec. Pakkat. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 173533 Sitinjak Baringin Kec. Pakkat Tahuan Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa
perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada empat
kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan temuan hasil Pre Test (test awal) masih banyak siswa yang memiliki hasil belajar dibawah KKM yaitu di bawah 65 dengan nilai rata-rata 52,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 23,81%, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (pre test) siswa masih tergolong sangat rendah. Dari perolehan hasil pre test
tersebut, peneliti menindaklanjuti dan melanjutkan ke Post Test siklus I. Pada siklus I nilai siswa mulai meningkat dengan nilai rata-rata 69,30 dan ketuntasan
klasikal sebesar 66,66%. Namun berdasarkan kriteria penentuan tingkat keberhasilan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test siklus II. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 95,23% yang berarti membuktikan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah meningkat dan berhasil karena telah mencapai 80% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 84,05 yang termasuk dalam kategori baik. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Reciproal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok peristiwa alam di kelas V SD Negeri 173533 Sitinjak Baringin Kec. Pakkat Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 085 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 11:41 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30144 |