BANGUN, MELKY EPINDONTA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN MEDIA MAKET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111024 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 5133111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
3. NIM. 5133111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. NIM. 5133111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 5133111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 5133111024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 5133111024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 5133111024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
9. NIM. 5133111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
13. NIM. 5133111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14. NIM. 5133111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik pada siswa program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.A 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di dua siklus terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X dari satu kelas sebanyak 32 siswa,
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Tes hasil belajar berbentuk tes praktek dengan materi proyeksi isometri disiklus I dan proyeksi dimetri di siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat 8,53% dari rerata 12,9 (siklus I) menjadi rerata 14 (siklus II). Hasil belajar siswa meningkat 3,9% dari rerata 78,68 (Siklus I) menjadi rerata 81,75 (Siklus II).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajan Means-Ends Analysis menggunakan maket dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik. Untuk itu disarankan kepada guru untuk memahami model pembelajaran Means-Ends Analysis dan mampu membuat maket yang sesuai dengan materi pelajaran. selanjutnya bagi peneliti diharapkan untuk mengoptimalkan mengelola fasilitas, waktu dan berkreasi menggunakan maket.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 021 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model pembelajaran Means-Ends Analysis; Maket |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 11:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30143 |