Pakpahan, Horas Ronaldo (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU FISIKA MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING EDMODO MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132070 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8156132070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
3. NIM. 8156132070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8156132070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 8156132070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8156132070 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 8156132070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 8156132070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
12. NIM. 8156132070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 8156132070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan
kemampuan guru fisika menggunakan aplikasi e-Learning edmodo melalui model
supervisi klinis di SMA Negeri 2 Binjai. Subjek penelitian ini adalah semua guru
fisika SMA Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 4 orang guru. Instrumen penelitian
yang digunakan untuk mengetahui kemampuan guru menggunakan aplikasi elearning edmodo adalah test dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah butir
sebanyak 40. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi klinis digunakan
lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan
duasiklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru menggunakan
aplikasi e-learning edmodo setelah dilakukan supervisi klinis pada siklus I
tergolong dalam kategori cukup dengan nilai 67,5, dan pada siklus II tergolong
dalam kategori baik dengan nilai 87,5 . Penilaian kegiatan supervisi klinis pada
siklus I tergolong sangat baik dengan nilai 96,4, dan pada siklus II juga tergolong
dalam kategori sangat baik dengan nilai 98,7. Berdasarkan hasil analisis data
disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan
guru fisika menggunakan aplikasi e-learning edmodo di SMA Negeri 2 Binjai.
Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu
pelaksanaan supervisi klinis dalam upaya membantu guru menggunakan aplikasi
e-learning edmodo.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Pak p |
Keywords: | Kemampuan Guru, Supervisi Klinis, e-Learning Edmodo |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 01:33 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30128 |