Hadijah, Siti and Surya, Edy (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTsN TANJUNG PURA MATERI KUBUS DAN BALOK T.A 2013/2014. Jurnal AdMathEdu, 06 (01). pp. 67-75. ISSN 2088-687X
Reviewer.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi seluruh siswa kelas VIII (256 orang), sedangkan sampel kelas VIII-3 (39 orang) dan kelas VIII-4 (40 orang). Rata-rata nilai pos-tes dikelas eksperimen adalah 69,0833, dan rata-rata dikelas kontrol adalah 81,367521.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakn uji t satu pihak diperoleh t hitung = 5,8109 dan t tabel = 1,6672 dengan α = 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, 5,8109>1,6672 sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Trade a problem; Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 11:18 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 11:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30127 |