PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI BERBASIS PETA PIKIRAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN

Ariyatna, Ernanda (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI BERBASIS PETA PIKIRAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156191004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156191004 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156191004 APPROVAL SHEETS.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156191004 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156191004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156191004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156191004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156191004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156191004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156191004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156191004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156191004 TABLES.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156191004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156191004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156191004 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156191004 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156191004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156191004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156191004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156191004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156191004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156191004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis teks cerita ulang biografi berbasis peta pikiran dan mengetahui efektivitas produk hasil pengembangan pada kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Bahan ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Produk bahan ajar yang dihasilkan berupa modul. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Produk yang dikembangkan telah layak digunakan berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 98,87%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria baik dengan persentase 87,5%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 88.3%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92.5%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85.3%, uji coba kelompok kecil memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 88.7% dan uji coba lapangan terbatas memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93.5%. Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 85,62%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan pada pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi. Implikasi dari penelitian ini adalah modul menulis teks cerita ulang biografi berbasis peta pikiran membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Bahan Ajar; Modul; Menulis; Teks; Biografi; Peta Pikiran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:06
Last Modified: 18 Feb 2019 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item
View Item