Ariyatna, Ernanda (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI BERBASIS PETA PIKIRAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191004 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8156191004 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
3. NIM 8156191004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 8156191004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM 8156191004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
6. NIM 8156191004 TABLES.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7. NIM 8156191004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
8. NIM 8156191004 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
9. NIM 8156191004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM 8156191004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
14. NIM 8156191004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis teks cerita ulang biografi berbasis peta pikiran dan mengetahui efektivitas produk hasil pengembangan pada kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Bahan ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Produk bahan ajar yang dihasilkan berupa modul. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Produk yang dikembangkan telah layak digunakan berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 98,87%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria baik dengan persentase 87,5%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 88.3%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92.5%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85.3%, uji coba kelompok kecil memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 88.7% dan uji coba lapangan terbatas memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93.5%. Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 85,62%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan pada pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi. Implikasi dari penelitian ini adalah modul menulis teks cerita ulang biografi berbasis peta pikiran membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar; Modul; Menulis; Teks; Biografi; Peta Pikiran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 16:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30112 |