SITOMPUL, ISMAINI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL THINKING MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VII MTSS LABORATORIUM UIN SU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172063 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8156172063 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (759kB) | Preview
3. NIM 8156172063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM 8156172063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5. NIM 8156172063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 8156172063 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 8156172063 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 8156172063 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
9. NIM 8156172063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
13. NIM 8156172063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM 8156172063 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi visual thinking antara siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan siswa yang diberi pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw. (2) Untuk
mengetahui perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (3) Untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pembelajaran
open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Laboratorium UIN SU Medan. Sampel penelitian ini adalah, Kelas VII-1 (37 siswa) diajarkan dengan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VII-2 (37 siswa) diajarkan dengan Pendekatan Open Ended. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi visual thinking dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA Dua Jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi visual thinking antara siswa yang diberi pendekatan open ended dan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dengan nilai Fhitung = 6,038 > Ftabel= 3,57 dan dengan `sig =0.000, karena taraf signifikan lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pendekatan open ended dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan nilai
Fhitung = 3,8 12 > Ftabel = 3,57 dan dengan `sig = 0.000, karena taraf signifikan lebih kecil dari 0,05, sehingga Hoditolak dan H1 diterima. (3) Penyelesaian jawaban
siswa pada pembelajaran open ended lebih beragam dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Open Ended; Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Kemampuan Representasi Visual Thinking; Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 16:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30110 |