Harahap, Hafifah Salmi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171029 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. NIM 8146171029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM 8146171029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8146171029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 8146171029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 8146171029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM 8146171029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 8146171029 BAB I.pdf - Published Version
Download (989kB) | Preview
12. NIM 8146171029 BAB V.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
13. NIM 8146171029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih
tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Mengetahui
peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan
pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan
pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara
pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika
siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4)
Mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa, (5) Mengetahui proses pemecahan masalah siswa
yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif dan yang diajar
dengan pembelajaran konvensional, (6) Mengetahui proses penyelesaian masalah
representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan
metakognitif dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai yang berjumlah 210 siswa, dengan
mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksik random
sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang
diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang
diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan
metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran
konvensional, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa, (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan
metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan
kemampuan representasi matematis siswa, (5) Proses penyelesaian masalah
pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan
metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional,
(6) Proses penyelesaian masalah representasi matematis siswa yang diajar dengan
pembelajaran pendekatan metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan
pembelajaran konvensiona
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Representasi Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:59 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30096 |